StrokeIt, Menjalankan aplikasi hanya dengan gerakan Mouse

8 Jul 2009

Penggunaan Mouse komputer kita bisa lebih menarik dengan adanya aplikasi StrokeIt ini. StrokeIt merupakan program yang mampu mendeteksi gerakan (arah) Mouse kemudian menterjemahkannya menjadi perintah tertentu, sehingga bisa mempercepat dan mempermudah menjalankan program.

Misalnya, ketika ingin membuka Windows Explorer kita tinggal menggambar huruf E di layar dengan klik kanan mouse.

Berbagai kombinasi gerakan mouse bisa kita gunakan untuk menjalankan program tertentu mulai dari Windows Explorer, Internet Explorer, Mozilla, Winamp, Photoshop, Aplikasi Chatting dan sebagainya.

Program ini berukuran sekitar 136 KB, dan hanya memerlukan sedikit penggunaan memori. Selain itu, StrokeIt sudah mengenali lebih dari 80 gerakan mouse (mouse gesture), kita juga bisa membuat gerakan mouse sendiri dan nantinya kita gunakan untuk menjalankan atau memproses perintah tertentu. Proses pengenalan gerakan mouse ini biasa disebut dengan Mouse gesture recognition

Penggunaan StrokeIt

Pertama-tama, Download StrokeIt Personal yang merupakan program gratis (freeware), kemudian install. Setelah selesai, maka akan muncul icon StrokeIt (seperti mouse pointer) di pojok kanan bawah (systray).

strokeIt-systray-icon

Ketika Icon tersebut berwarna Putih, maka bertanda aplikasi aktif dan kita bisa menggunakan gerakan mouse untuk menjalankan program. Jika ingin menon-aktifkannya, klik kanan icon tersebut, sehingga warnanya menjadi Merah. Klik kanan lagi untuk kembali mengaktifkannya.

Penggunaanya, kita tinggal Klik kanan Mouse + Tahan, kemudian tulis/gambar di area layar, sesuai dengan kode yang diinginkan. Misalnya kita menuliskan huruf E dilayar seperti berikut :

strokeIt-sample

Maka selanjutnya StrokeIt akan memproses gambaran tulisan tersebut dengan perintah yang ada. Dari contoh diatas, akan ditampilkan (dijalankan) Windows Explorer (My Computer). Jika StrokeIt tidak mengenali perintah tersebut, akan muncul pesan seperti berikut (kita bisa menambahkan perintah baru atau mengabaikanny) :

StrokeIt-not-recognized

Perintah Bawaan StrokeIt

Stroke sudah menyertakan konfigurasi simbol bawaan, mulai dari huruf A sampai Z serta beberapa simbol garis. Selengkapnya bisa melihat daftar lengkap simbol

strokeit-symbol

Perintah-perintah yang umum antara lain :
- C = menutup window
- E = Membuka Windows Explorer
- N = Membuka lembaran baru (New)
- O = Open
- P = Print
- M = Menjalankan aplikasi email client
- W = Menjalankan web browser
- S = Menyimpan
- dan lainnya

Untuk melihat perintah bawaan dari simbol-simbol yang ada tersebut, bisa melihat informasi selengkapnya di halaman Actions

StrokeIt juga menyertakan fitur advanced, dimana kita bisa menambahkan/melatih simbol sendiri kemudian menjalankan perintah tertentu. Menu ini bisa kita akses dengan membuka StrokeIt (klik iconnya) kemudian pilih menu Edit > Learn Gesture (Ctrl+L). (ebsoft.web.id)

Download StrokeIt

Sumber dari ebsoft


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post